Lirik Lagu Boneka Abdi - Arti dan Misterinya

Lirik Lagu Boneka Abdi - Arti dan Misterinya
Lagu Boneka Abdi Penyanyi : - Judul lagu : Boneka Abdi Pencipta : anonim Album : Lagu Anak berbahasa Sunda misterius Lirik Boneka Abdi...

Lagu Boneka Abdi


Penyanyi : -
Judul lagu : Boneka Abdi
Pencipta : anonim
Album : Lagu Anak berbahasa Sunda misterius

Lirik Boneka Abdi
Sekilas lirik lagu Boneka Abdi yang hadir dalam bahasa Sunda itu tidak ada yang aneh. Liriknya biasa saja malah harusnya terasa riang gembira karena memang bercerita tentang seorang anak yang punya sebuah boneka yang bagus dan lucu, begini liriknya :

"Abdi teh ayeuna gaduh hiji boneka
Teu kinten saena sareng lucuna
Ku abdi di erokan, erokna sae pisan
Cing mangga tingali boneka abdi"

(selengkapnya silakan baca lirik dan artinya lagu Boneka Abdi di Akhir artikel ini).

Lagu Horor Pemanggil Hantu

Lagu ini mulai jadi lagu menyeramkan tatkala sebuah film Indonesia ber-genre horor menampilkan adegan dimana muncul sesosok hantu bermain piano memainkan irama lagu ini. Kabarnya lagu ini pula merupakan kode untuk memanggil hantu. Jadi nyanyikanlah lagu ini maka kamu akan bertemu dengannya.

Risa Saraswati - Story Of Peter OST Danur
Lagu ini menjadi bagian dari lagu Risa Saraswati berjudul Story Of Peter yang merupakan Original Soundtrack Film Danur, sebuah film Indonesia bergenre horor yang tayang di bioskop pada tahun 2017 . Saya tidak mengerti kenapa lagu ini yang dipilih, Konon pada masa-nya lagu ini memang digemari oleh anak-anak Belanda yang dulu pernah tinggal di Indonesia dan menyimpan sekelumit kisah duka dan misterius.

Sejarah Lagu Boneka Abdi

Dari penelusuran kami lagu Boneka Abdi sebenarnya berasal dari Jerman yang populer pada abad ke 19. Namun arti liriknya sama sekali berbeda, hanya nadanya saja yang mirip.

Lirik aslinya berjudul Hänschen klein. Menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang berkelana ke seluruh dunia, dan kembali ke rumah untuk keluarganya. Lagu ini dikenal luas dan hadir dengan beragam versi salah satu yang populer adalah versi bahasa Inggris yang merupakan terjemahannya.

Lagu ini dipakai di sekolah-sekolah anak dalam pelajaran bernyanyi. Jelas lagu ini sangat disukai, mungkin karena nadanya sangat ear catchy, dan liriknya yang sangat simpel membuat anak-anak mudah untuk menghafal. Berikut asli lagu ini dalam bahasa Jerman dan bahasa Inggris.

Hänschen klein (Bahasa Jerman)

"Hänschen klein ging allein, in die weite Welt hinein
Stock und Hut stehn ihm gut, ist gar wohlgemut
Doch die Mutter weinet sehr, hat ja nun kein Hänschen mehr
Da besinnt sich das Kind, kehrt nach Haus geschwind"

Bahasa Inggris :

"Little Hans went alone, out into the wide world
Staff and hat suit him well, he is in good spirits
But his mother cries so much, for she no longer has little Hans
Look! the child changes his mind, and returns quickly home"

Anehnya jika versi asli bahasa Jerman dan versi bahasa Inggris liriknya tetap sama (menceritakan perjalan Hans keliling dunia), namun versi bahasa Sunda justru menjadi bercerita tentang boneka yang lucu.

Dari penelusuran kami lagu ini juga populer di Indonesia saat penjajahan Belanda, lagu ini sering dinyanyikan oleh para pembantu Belanda untuk menghibur anaknya. Dari sinilah kisah horor bermula, konon katanya para pembantu (kaum pribumi) ini hidup dalam penindasan bangsa penjajah. dan bisa dibayangkan mereka berusaha menghibur anaknya sendiri (bukan mengibur anak majikannya yang keturunan Belanda) dengan muka dan nuansa berbeda.

Mungkin saja pembantu-pembantu ini banyak mendengar lagu Hänschen klein lewat tuan atau nyonya mereka yang berasal dari Eropa. Karena lagu ini mudah diserap, mereka menghafalkan lagamnya lantas merubah liriknya untuk menghibur anak-anak mereka agar tak kelaparan atau bersedih hati karena keadaan.

Lirik Lagu Boneka Abdi

Berikut ini adalah lirik lagu Boneka Andi dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia :
Boneka Abdi Lirik

Abdi teh ayeuna gaduh hiji boneka
Teu kinten saena sareng lucuna
Ku abdi di erokan, erokna sae pisan
Cing mangga tingali boneka abdi
Terjemahan arau Arti lirik lagu Boneka Abdi dalam bahasa Indonesia :
Boneka Saya

Saya sekarang punya sebuah boneka
Tak terkira bagusnya dan lucunya
Saya pakaikan rok, roknya bagus banget
Ayo silahkan lihat boneka saya

Silakan Share ke teman anda di Facebook

Mungkin Anda tertarik membaca daftar artikel terkait Lirik Lagu Boneka Abdi - Arti dan Misterinya. Klik: Berita Musik Sunda

Bagikan ke Media Sosial
Anda dapat mendengarkan lagu tersebut melalui aplikasi streaming musik online gratis di PC Komputer, iPhone atau smartphone android. Silakan download Spotify, Apple Music atau iTunes, Joox, Resso, Youtube Music atau Youtube Premium, Amazon Music dan aplikasi musik lainnya.